Welcome

Berawal dari ketiadaan, kita berpikir dan belajar untuk menciptakan. Membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, lebih berarti dan lebih bermanfaat. "Mari berbagi manfaat" #Give thank to Allah, the Creator of all things.

Monday, August 28, 2017

Dasyatnya OpenStreetMap


Belajar pemetaan digital menjadi hal yang  penting bagi seseorang yang fokus pada perencanaan desa tertinggal, terlebih lagi fungsi peta bagi pembangunan memegang peranan penting. Tanpa peta kita seperti buta akan wilayah yang kita kelola. Dengan adanya openstreetmap kita dibantu untuk ketersediaan data peta untuk mengolah dan menambahkan informasi pada peta yang kita butuhkan.

Apa itu OpenStreetMap?

OpenStreetMap (OSM) adalah sebuah proyek berbasis web untuk membuat peta seluruh dunia yang gratis dan terbuka, dibangun sepenuhnya oleh sukarelawan dengan melakukan survey menggunakan GPS, mendigitasi citra satelit, dan mengumpulan serta membebaskan data geografis yang tersedia di publik.

Melalui Open Data Commons Open Database License 1.0, kontributor OSM dapat memiliki, memodifikasi, dan membagikan data peta secara luas. Terdapat beragam jenis peta digital yang tersedia di internet, namun sebagian besar memiliki keterbatasan secara legal maupun teknis. Hal ini membuat masyarakat, pemerintah, peneliti dan akademisi, inovator, dan banyak pihak lainnya tidak dapat menggunakan data yang tersedia di dalam peta tersebut secara bebas. Di sisi lain, baik peta dasar OSM maupun data yang tersedia di dalamnya dapat diunduh secara gratis dan terbuka, untuk kemudian digunakan dan diredistribusikan kembali.

Di banyak tempat di dunia ini, terutama di daerah terpencil dan terbelakang secara ekonomi, tidak terdapat insentif komersil sama sekali bagi perusahaan pemetaan untuk mengembangkan data di tempat ini. OSM dapat menjadi jawaban di banyak tempat seperti ini, baik itu untuk pengembangan ekonomi, tata kota, kontinjensi bencana, maupun untuk berbagai tujuan lainnya.

Mengapa saya perlu belajar OpenStreetMap?

Data geografis yang berkualitas akan sangat membantu banyak organisasi, komunitas, bahkan masyarakat luas dan pemerintah dalam mengambil keputusan terkait berbagai macam isu, seperti lingkungan, ekonomi, sosial, dan managemen krisis. Di berbagai tempat di dunia, informasi ini belum lengkap atau bahkan tidak ditemukan sama sekali.

Relawan pemetaan digital dapat membantu memberikan informasi ini dengan cara mendigitasikan informasi bangunan, jalur transportasi, dan infrastruktur kritis lainnya yang sangat dibutuhkan di berbagai daerah untuk pembangunan berkelanjutan di tempat mereka. Bayangkan bahwa penghidupan di lingkungan kita maupun di kawasan lain di berbagai pelosok dapat berkembang hanya dengan bantuan sederhana kita memetakan wilayah ini.

Anda dapat memberikan kontribusi yang berdampak sangat besar hanya dengan koneksi internet dan kemampuan dasar pengoperasian komputer, bahkan saat Anda sendiri tidak tinggal di daerah yang ingin Anda bantu petakan. Gunakan citra satelit untuk menandai jalanan, bangunan, lahan, dan titik-titik tertentu dan Anda bisa menambahkan beragam informasi terkait yang Anda ketahui secara pasti. Data ini akan sangat berguna bagi komunitas dan masyarakat di wilayah tersebut untuk tujuan pengembagan dan kemanusiaan.

Bagaimana cara belajar OpenStreetMap?

Bergabunglah dengan komunitas OpenStreetMap online kami di sini dan/atau komunitas OSM di kampus / lingkungan sekitarmu untuk mempermudah proses belajar dan keberlanjutan pengetahuan pemetaan OSM.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...

Mario Teguh's Quotes

Quotes

Blogger Jogja

Traffic Exchange

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Wibiya provides a web toolbar that enables blogs and websites to integrate the most exciting services and web applications into their blog or website.