Thursday, October 11, 2012

Workshop Pengembangan Dashboard Sistem Informasi Iptek Nasional

ristek.go.id, Sistem Informasi Iptek Nasional merupakan program yang sedang dirintis untuk dikembangkan di Satker Asisten Deputi Data dan Informasi Iptek, Deputi Bidang Sumber Daya Iptek, Kementerian Riset dan Teknologi.  Salah satu tujuan dari Pengembangan Model Sistem Informasi Iptek Nasional ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi Iptek yang ada di lembaga-lembaga pemerintah, kalangan bisnis dan lingkungan akademis yang  kemudian diolah menjadi knowledge yang berguna bagi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas). 

Hasil pengolahan data Iptek disajikan dalam bentuk informasi yang dapat ditampilkan dalam berbagai format antara lain dalam bentuk peta inovasi nasional, ataupun dalam bentuk indikator-indikator iptek yang ditampilkan secara grafis di layar monitor.  Visualisasi data dan informasi Iptek inilah yang dimaksud dengan Dashboard Sistem Informasi Iptek.  Dengan fitur ini, maka publik maupun pengambil keputusan di lingkungan Kementerian Ristek maupun pihak-pihak lain bisa melihat data Iptek ataupun data inovasi nasional yang berbasis peta maupun grafik.  Dengan demikian hal ini akan memudahkan dalam menginterpretasikan data.

Untuk lebih memperdalam mengenai teknik-teknik dan juga penyajian Dashboard Iptek serta menampung berbagai masukan dalam membangun Dashboard, Asisten Deputi Data dan Informasi Iptek menyelenggarakan workshop Pengembangan Dashboard Sistem Informasi Iptek Nasional pada tanggal 3 Oktober 2012 di Ruang Komisi 3 Gedung II BPPT.  Workshop ini dihadiri oleh wakil-wakil dari LPNK dan lembaga penelitian Kementerian. 

Topik yang disampaikan dalam workshop lebih mengarah pada pembentukan model Dashboard.  Adapun sebagai pembawa makalah adalah Slamet Aji Pamungkas, perekayasa dari BPPT. Workshop dibuka oleh Jajang Hasyim, Kabid Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang, yang dalam hal ini mewakili Asisten Deputi Data dan Informasi Iptek. (ad4-dep2/ humasristek)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...