Thursday, October 11, 2012

Workshop Evaluasi Kinerja Kegiatan Peningkatan Kemampuan Peneliti dan Perekayasa 2012

ristek.go.id, Workshop Evaluasi Kinerja mencakup evaluasi dari 829 Paket Peningkatan Kemampuan Peneliti dan Perekayasa (PKPP) 2012 diselenggarakan Tim Implementasi PKPP 2012 Kementerian Riset dan Teknologi Tanggal 3 Oktober 2012. Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan pelaksanaan kegiatan insentif  yang bertujuan untuk mengukur kinerja paket  PKPP 2012.

Evaluasi kinerja pelaksanaan PKPP 2012 menggunakan lima dimensi : (a) administrasi manajerial, (b) metode pencapaian target kinerja, (c) sinergi koordinasi kelembagaan dan program, (d) pemanfaatan hasil litbangyasa dan (e) potensi pengembangan ke depan. Dari kelima dimensi evaluasi kinerja PKPP 2012, hanya dimensi administrasi manajerial yang tidak termasuk dinilai dalam workshop evaluasi ini.

Proses evaluasi kinerja ini terdistribusi ke dalam 25 ruangan yang berbasis pada lokus propinsi PKPP 2012. Hasil evaluasi disajikan ke dalam pemaparan hasil yang mencakup kinerja per paket, per koridor,  per fokus MP3EI, dan Kementerian/Lembaga.  Selanjutnya, Menteri Negara Riset dan Teknologi memberikan arahan kepada peneliti dan perekayasa yang mencakup (a) Kelanjutan program yang sangat diharapkan oleh peneliti dan daerah, (b).Hasil data dan informasi, website dari berbagai kegiatan paket litbangyasa sangat berharga (agar dijadikan database awal pemanfaatan hasil litbangyasa. Website menjadi sarana komunikasi interaksi antar peneliti perekayasa (c). Diharapkan untuk ditindaklanjuti melalui workshop fokus yang bisa mempertemukan peneliti dengan mitra swasta industri, pemerintah dan daerah, (d).Keberpihakan kepada koridor yang sumber daya Iptek nya lemah,(e). Pembedaan yang tegas antara peneliti dan perekayasa.

Tahapan PKPP 2012 berikutnya adalah tahapan sosialisasi hasil litbangyasa ke publik baik melalui massivikasi media maupun kegiatan workshop sosialisasi hasil yang direncanakan dilaksanakan sampai dengan Desember 2012. Segala output produk  dari 829 paket PKPP 2012 yang sudah tersusun dalam database ini perlu terus dikembangkan  suatu database pemanfaatan hasil litbangyasa yang dikelola oleh Kementerian Riset dan Teknologi. 

Acara evaluasi ini  dihadiri oleh Peneliti Utama dari 829 Paket PKPP 2012 yang terdistribusi ke 25 Kementerian dan Lembaga, Kepala Balitbangda/Bappeda Propinsi,  serta Tim Evaluasi Kinerja PKPP  Kementerian Ristek.(ybm,grp/IM

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...