Wednesday, October 24, 2012

10 Pertanyaan Tentang Nabi

1. Siapa nabi yang dikenal cerdas dan pandai berdebat sehingga lawan bicaranya bisa mati kutu?

Nah jawabannya tentu saja Nabi Ibrahim AS. Kecerdasan beliau sudah Nampak dari kecil. Allah SWT mengkaruniakan kepada Beliau hikmah dan kecerdasan sejak kecil. Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan sesungguhnya telah Kami anugerahkan kepada Ibrahim hidayah kebenaran sebe
lumnya, dan Kami mengetahui (keadaan)nya.” (Q.S Al Anbiyaa’: 51)

Sebelum diangkat menjadi nabi dan rasul, disaat orang-orang menyembah berhala, beliau justru tidak mau menyembahnya dan memilih bertafakkur mencari siapa tuhan yang sebenarnya. Dari sini beliau sudah cerdas. Kemudian setelah diangkat menjadi Rasul, beliau dengan cerdasnya berdebat dengan Raja Namrud saat beliau ditangkap karena telah menghancurkan berhala-berhala.
“hai Ibrahim ! kamu pasti yang menghancurkan berhala-berhala ini?” Tanya Raja Namrud

“ enak saja menuduh saya pelakunya. Tanyakan saja kepada berhala yang paling besar itu. Buktinya kapak itu ada di lehernya. Dia mungkin iri dan tidak mau ada saingan untuk di sembah. Makanya berhala-berhala yang lain dihancurkan?” jawab nabi Ibrohim AS berargumen.

Mendengar jawaban Nabi Ibrohim AS, raja Namrud pun malah tertawa meledek

“hahahahaha jawabanmu sungguh menggelikkan. Berhala ini tidak bisa bergerak dan tidak bisa berbuat apa-apa. Mana mungkin dia yang menghacurkan berhala-berhala yang lain?”

“ nah justru itu, sudah tau berhala-berhala itu tidak bisa berbuat apa-apa. Kenapa pula kalian sembah dan mintai pertolongan. Padahal untuk menolong dirinya sendiri saja ia tidak mampu. Tidakkah kalian berpikir kesitu?”

Mendengar sanggahan Nabi Ibrohim AS, raja Namrud pun mati kutu dan tidak bisa berkutik. Ia bingung mau jawab apa. Bahkan orang-orang yang menyaksikan pun mulai terbuka mata hatinya kalau apa yang mereka lakukan selama ini yakni menyembah berhala hanyalah sia-sia belaka karena berhala tidak bisa berbuat apa-apa. Akhirnya raja Namrud menghukum nabi Ibrohim AS dengan membakarnya. Tapi tentu saja itu tidak mempan membunuh beliau karena Allah SWT sudah pasti menyelamatkan Nabi Nya. Allah SWT lalu memerintahkan api agar tidak membakar beliau. Itulah sekelumit kisah tentang Nabi Ibrohim AS.

Selain itu ada lagi Nabi yang terkenal cerdas yaitu Nabi Khidir AS. Beliau adalah Nabi Allah, bukan Rosul. Karena beda antara Nabi dengan Rosul. Setiap Rosul itu sudah pasti nabi dan setiap Nabi itu belum tentu seorang Rosul. Oleh karena itu Nabi dan Rosul Yang wajib diketahui oleh umat Islam berjumlah 25 Nabi dan Rasul. Bagaimanapun juga semua Nabi sudah pasti dianugerahkan kecerdasan yang lebih oleh Allah SWT.

2. Siapa nabi yang ingin merasakan mati dengan meminta dicabut nyawanya kemudian nyawanya dikembalikan lagi ?

Kalau yang ini adalah Nabi Idris AS. Beliau memohon kepada Allah bagaimana rasanya merasakan kematian. Setelah permohonannya dikabulkan, Malaikat Izrail mencabut nyawanya kemudian mengembalikannya lagi. setelah itu malaikat bertanya
“wahai Nabiyallah Idris, bagaimana rasanya merasakan mati?”
“ ternyata mati itu menyakitkan. Saat nyawa saya dicabut, kulit saya seperti dikelupas hidup-hidup dan badan saya terasa dicacah-cacah seperti daging oleh ribuan pedang” jawab Nabi Idris
Dari sini kita mengambil pelajaran bahwa proses kematian itu sangat menyakitkan. Nabi saja merasakan sakit, apalagi kita manusia biasa. Oleh karena itu, berusahalah menjadi orang yang bertaqwa sehingga ketika meninggal semoga Allah memberik kita meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah. Aamiin

3. Siapa nabi yang memiliki unta tapi untua tersebut dilahirkan dari batu ?

Kalau yang ini tentu saja jawabannya adalah Nabi Sholeh AS. Beliau ini mendapat tantangan dari Kaumnya agar menunjukkan bukti kalau beliau adalah seorang Nabi Allah. Allah pun memberikan mukjizat kepada nabi Sholeh AS dengan menganugerahakn unta yang keluar dari batu sebagai bukti kalau beliau memang benar-benar Nabi Allah. Sayangnya unta tersebut kemudian malah dibunuh oleh kaumnya yang durhaka sehingga kaumnya yang durhaka itupun langsung mendapat azab,

4. Siapa nabi yang memiliki banyak anak kembar ?

Tentu saja yang ini adalah Nabi Adam AS. Karena beliau menusia pertama yang diciptakan Allah SWT kemudian disusul Siti Hawa. Siti Hawa, Setiap melahirkan ini selalu memiliki anak kembar yakni laki-laki dan perempuan, dan dari keturunannya inilah manusia berkembang seperti sekarang ini yang sangat beragam yang memiliki cirri masing-masing. Lihatlah perbedaan orang afrika, India, Indonesia, jepang, Arab, eropa, amerika,dll. Semua mempunyai cirri masing-masing. Ada yang berkulit hitam, berkulit putih, berkulit coklat, berhidung mancung, berambut pirang, bermata sipit, dll. Semuanya adalah berasal dari nenek moyang yang sama yaitu dari pasangan Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Oleh karena itu salah besar dan menyesatkan kalau kita percaya nenek moyang kita berasal dari monyet seperti yang diungkapkan dalam teori Charles Darwin. monyet ya monyet, manusia ya manusia. Gak bisa disamain ama monyet dong. Enak aja lho. Lho aja kali yang monyet yang percaya nenek moyang lho berasal dari monyet. Kami umat Islam percaya bahwa nenek moyang kami adalah berasal dari Nabi Adam AS dan Siti Hawa.

5. Siapa nabi yang bisa mengartikan mimpi ?

Beliau adalah Nabi Yusuf AS. Dan karena berhasil menafsirkan mimpi sang Raja, Akhirnya beliau diangkat menjadi menteri. Ini bisa dilihat dari doa Nabi yusuf

“Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian TA’BIR MIMPI. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.” (Q.S Yusuf : 101)

6. Siapa nabi yangmemilliki suara merdu ?

Kalau yang ini adalah Nabi Daud AS, suara beliau ini sangat merdu sekali. Bahkan ketika beliau mengaji kitab Zabur, alam pun ikut terlena dengan kemerduan suaranya. Baik itu hewan, tumbuhan, batu, atau angin. Inilah salah satu mukzizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Daud AS selain dianugerahkan kitab Zabur. Kayaknya penyanyi sekarang yang bersuara merdu belum ada apa-apanya deh kalau dibandingkan dengan merdunya suara Nabi Daud AS. Pengen punya suara merdu ga? ;)

7. Siapa nabi yang tangannya bisa bersinar / memancarakan cahaya ?

Kalau ini adalah Nabi Musa AS. Waktu itu beliau sedang menempuh perjalanan yang gelap gulita sehingga tidak tahu jalan karena begitu gelapnya. Allah pun menyuruh Nabi Musa AS untuk menaru tangannya ke badan. Setelah hal itu dilakukan, ternyata benar saja, tangan beliau langsung bersinar lakasana pelita sehingga beliaupun bisa tahu jalan karena sudah tidak gelap lagi karena menggunakan tanggannya sebagai penerangan. Masya Allah, hebat yah . Selain Nabi Musa, ada lagi nabi lain yang bisa memancarkan cahaya yakni siapa lagi kalau bukan Rosulullah SAW. Seluruh anggota badan beliau bercahaya karena aura kenabian Beliau. Namun cahayanya tentunya berbeda dengan cahaya yang dipancarkan tangan Nabi Musa AS. Jadi untuk jawaban no 7 ini tetep jwabannya adalah Nabi Musa AS karena yang ditanyakan kan Nabi yang Tangannya bisa bersinar. Sebenarnya masih ada mukjizat Nabi Musa lainnya, salah satunya yang sangat terkenal adalah bisa membelah lautan. Tentu saja semua ini atas kehendak dan kuasa Allah SWT.

8. Siapa nabi yang dari jemarinya bisa memancarkan air ?

Tidak Ragu lagi, ini adalah Mukzizat yang diberikan Allah SWT kepada Rosulullah SAW.

Banyak sekali Mukzizat yang diberikan kepada Rosulullah SAW. Salah satunya dari jemarinya bisa memancarkan air.

9. Siapa nabi yang berada di dalam perut ikan paus selama 3 hari tapi tidak mati ?

Kalau ini adalah Nabi Yunus AS. Beliau ini ceritanya kesal dengan kaumnya yang susah banget menerima dakwah beliau. Kalau bahasa gaulnya pala batu banget dan ngotot gak mau nerima kebenaran. Diajak kejalan kebaiakn malah marah-marah dan berontak. Siapa coba yang kesel digituin. Akhirnya beliau meninggalkan kaummnya dengan naik kapal laut untuk mencari medan dakwah yang lain. Namun Allah SWT menegur beliau. Bagaimanapun juga yang namanya berdakwah ke jalan kebenaran banyak tantangannya. Jadi harus dihadapi dan jangan menyerah. Singkat cerita Nabi Yunus AS pun diceburkan ke dalam laut oleh nahkoda kapal karena kapal mengalami gangguan dan perlu menceburkan korban sebagai tumbal. Setelah diundi, Nama Nabi Yunus yang selalu keluar, bahkan sampai tiga kali berturut-turut. Setalh diceburkan, Nabi Yunus pun dimakan ikan paus. Atas Izin Allah, beliau tidak mati. Di dalam perut ikan beliau menyesal atas kekeliruannya meninggalkan kaumnya. Beliaupun terus memohon ampun dan bertaubat. Hingga selam tiga hari akhirnya beliau dimuntahkan ke darat oleh ikan paus tersebut. Kalau bahasa gaulnya. Ikannya mabok nelen Nabi Yunus AS. Gak kebayang ikannya segede apa sampai Nabi Yunus bisa bertahan didalamnya.

10. Siapa nabi yang kemana-mana bepergian dengan angin ?
Jawabannya adalah Nabi Sulaiman AS

"Kemudian Kami tundukkan kepada angin yang berhembus dengan baik menurut kemana saja yang dikehendakinya, dan (Kami tundukkan pula kepadanya) setan-setan semuanya ahli bangunan dan penyelam, dan setan yang lain yang terikat dalam belenggu. Inilah anugerah Kami;, maka berikanlah (kepada orang lain) atau tahanlah (untuk dirimu sendiri) dengan tiada pertanggungan jawab. Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan yang dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik." (QS. Shad: 36-40)

Nabi Sulaiman AS memutuskan untuk tidak menggunakan kuda karena gara-gara mengurus kuda, pada suatu hari dibuatnya lupa pada salat. Ketika Sulaiman meninggalkan kuda dalam rangka mencapai ridha Allah SWT, maka Dia menggantikannya dengan angin yang bertiup sesuai dengan perintahnya kemana pun ia pergi dan kemana pun tempat yang diinginkannya.

Maha Besar Allah yang menganugerahkan para Nabi dan Rasul-Nya berbagai Mukzizat. Ini sebagai bukti bahwa Allah Maha kuasa atas segala sesuatu agar bisa mengambil hikmah dan pelajaran didalamnya sehingga kita semakin beriman dan bertaqwa. Insya Allah.

Mohon maaf yah kurang lebihnya. MOHON DISHARE agar semakin banyak orang yang mendapat manfaatnya. (^_^)

Wallahu’alam

2 comments:

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...