Friday, January 20, 2012

Wanita ini Cantik





 

1. Cantik Itu... Inner Beauty
Wanita (Ukhti) yang berwajah cantik itu indah. Tapi sesungguhnya
kecantikan itu bukan sekedar cantik jasmani, tapi juga cantik
secara batiniah (hati dan pikiran). dan inilah yang disebut Inner Beauty.

Lalu bagamana caranya seorang wanita memiiki inner beauty? yaitu dengan berperilaku sebagai seorang muslimah yang
kaffah dan tertarbiyah, sebagaimana perintah Allah:

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu."
(QS. Al Baqarah: 208)

Dan apakah ciri-ciri wanita yang memiliki inner beauty (kecantikan dari dalam)?
Here they are:

1. Memiliki Hati yang Cantik.
yaitu hati yang selalu tawadhu' atau rendah hati, selalu berbaik sangka
kepada orang lain dan kepada Rabb-nya.

2. Memiliki Bibir yang Cantik.
yaitu bibir yang slalu digunakan untuk dzikir dan tersenyum
kepada orang lain.

3. Memiliki Mata yang Cantik.
yaitu mata yang digunakan untuk melihat hal-hal yang halal
dan baik saja.

4. Memiliki Tangan yang Cantik.
yaitu kedua tangan yang ringan memberi pertolongan kepada yang membutuhkan,
tangan yang gemar bersedekah dan membantu sesama.

5. Memiliki Kaki yang Cantik.
yaitu kaki yang selalu dibawa ke tempat-tempat yang baik, ke majlis ilmu, ke masjid, dan tempat-tempat untuk menimba ilmu yang bermanfaat.

6. Memiliki Rambut yang Cantik.
yaitu rambut yang slalu dijaga dengan hijab, dan dilindungi
dari tangan laki-laki yang bukan muhrimnya.

7. Memiliki Kulit yang Cantik.
yaitu kulit yang selalu dibalut dengan kain tertutup dan terjaga
dari pandangan orang lain (menutup aurat).

Nah, apakah ukhti sudah memiliki semua ciri-ciri diatas?
yaitu perpaduan antara kecantikan fisik dan kecantikan batin,
yang akan membentukmu menjadi seorang wanita muslimah yang berkualitas
baik..seorang Bidadari Bumi alias Wanita Sholehah.


2. Cantik Itu... Inspiratif

Cantik itu relatif, bener gak?
Artinya, cantik itu tidak harus terletak pada keindahan wajah.
Memang, keinginan untuk tampil cantik itu merupakan fitrah setiap wanita.
Tapi bagaimanapun juga kita bisa tampil cantik tanpa harus dengan modal wajah yang cantik?

Adalah ketika engkau mampu menularkan vaksin-vaksin kebaikan pada orang-orang di sekitarmu.
Caramu berbicara, bersikap, bertutur kata, dan sebagainya selalu menimbulkan dorongan pada orang lain untuk menirunya dan meneladaninya.
Makin sering orang berinteraksi denganmu, makin terlihat kepribadianmu yang mempesona.

Cantik seperti tercermin pada diri seorang wanita yang memiliki sikap optimis, percya diri, memiliki visi hidup yang jelas, penuh empati, dan tidak mudah mengeluh. dia dikelilingi oleh sahabat-sahabatnya untuk menimba sesuatu yang bermanfaat dalam dirinya.

Contoh nyata dari pribadi yang inspiratif ini adalah bunda Aisyah, Puteri rasulullah Fatimah, dan para sahabiyah Rasul.

So.. Cantik itu tidak harus terletak di wajah bukan?.
Karena cantik itu relatif.
Maka katakanlah bahwa: Cantik itu.. Inspiratif !

Sudahkah dirimu menjadi sumber inspirasi bagi sahabat-sahabatmu,
duhai ukhti..?? Hmm (_ _")

3.  Cantik Itu... Cerdas

Percayakah ukhti, bahwa seorang wanita yang cerdas akan memperlihatkan kecantikan yang lebih "nyata" dibandingkan cantik yang hanya sekedar wujud dalam tampilan fisik semata?

Kita tentu sepakat bahwa wajah yang pas-pasan tapi memiliki otak cerdas itu
lebih baik daripada memiliki wajah cantik tapi otaknya (maaf) jongkok !

Cantik yang terwujud dlm bingkai IQ atau kecerdasan ini, tidak akan membosankan bagi orang-orang yang berinteraksi dengannya. Sama halnya dengan cantik jiwa, maka cantik yang CERDAS ini tidak akan luntur oleh waktu, sepanjang seorang wanita terus belajar dan belajar untuk memupuk kecerdasannya dengan menimba ilmu dan wawasan.

Apalagi jika kecerdasan ini didukung kecerdasan ilmu agama, wuihh subhanallah banget deh. Sudah cerdas dalam ilmu akademik, cerdas pula dalam spiritual (ilmu agama).. wahh point plus plus deh ini akhwat. Hmm (-_-")

Bisa-bisa jadi inceran seluruh ikhwan di kampus untuk diajak taaruf bahkan langsung diajak nikah kali ya. Hehe Tul gak..? :D hehe

Dan untuk bisa tampil cantik ala cerdas ini, maka engkau harus banyak membaca, baik buku-buku ilmu pengetahuan maupun buku-buku agama. Kecerdasan IQ dipadu dengan kecerdasan EQ, akan menghasilkan sosok akhwat yang berkualitas, militan, tahan banting, tangguh, dan penuh empati kepada orang lain. Dan cantik yang seperti inilah yang membuatmu banyak teman, dicintai banyak orang, karena dirimu banyak memberi manfaat buat orang lain.

So..cantik itu tidak harus wajah kok, ukh..
tapi Cantik Itu...Cerdas !

4. Cantik Itu...Menebar Energi Positif

Bagaimana makna dari kata Cantik yang menebar energi positif?
Yaitu wanita yang selalu berpikir ingin lebih banyak memberi manfaat pada orang lain. ia berpikir dan berbuat dengan orientasi pada orang lain, bukan diri sendiri.

Ia memprogram dirinya untuk selalu mmberi manfaat dan menyenangkan hati orang lain.Misalnya dengan menanamkan pikiran bahwa "Saya harus ramah pada semua orang" atau "Saya harus menjadi pribadi yang brmanfaat bagi orang banyak".

Ia juga menjauhi hal-hal yang haram dan tak bermanfaat bagi dirinya.
Seseorang yang memiliki kecantikan seperti ini, akan tampil penuh semangat, percaya diri,dan slalu trlihat ceria. Tidak suka lebay, tidak gampang melow, dan pantang menyerah. Sikap-sikap positif dan semangat yang seperti inilah yang lantas menebar aura positif pula pada orang-orang disekitarnya, sehingga orang-orang betah berlama-lama ada didekatnya.

Ukhti fillah..
Dengan beragamnya makna cantik itu, seperti yang sudah kita bahas di state-state sebelumnya,
maka tentu tak ada alasan bagimu untuk merasa tidak percaya diri dan merasa tidak cantik, bukan? karena ada begitu banyak sisi yang bisa engkau gali untuk memancarkan kecantikan dalam maknanya yang positif, tidak hanya cantik diwajah.
So.. jadi ini kesimpulannya:
Cantik itu TIDAK SELAMANYA ada pada wajah,

Akan tetapi..
Cantik Itu.. Ada Didalam Inner Beauty.
Cantik Itu.. Inspiratif.
Cantik Itu.. Cerdas.
Cantik Itu.. Menebar Energi Positif.

Dan semoga kalian semua para wanita tidak hanya cantik ya ukh, tapi juga BAIK dan SHALEHAH, jadi ANAK yang baik dan shaleheh kepada ibu dan ayahmu, jadi ISTRI yang baik bagi suamimu dan IBU yang baik untuk anak-anakmu!


ƪ(•ˆ⌣ˆ•)┐ ƪ(•ˆ⌣ˆ•)ʃ┌(•ˆ⌣ˆ•)ʃ
Senyum  :)

2 comments:

  1. saya sering merendah kalau soal cantik-cantikan, dan post ini bikin saya terus "Intansurulloh", InsyaAllah :)
    Nice post ;)

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...