Monday, January 16, 2012

Cara Mudah Mengembalikan GRUB Ubuntu Yang Hilang Setelah Install Ulang Windows




Jika komputer kita sudah menginstal ubuntu maka pertama kali saat kita menginstal ulang windows maka yang terjadi adalah GRUB Ubuntu akan tertimpa oleh Bootloader Windows jadi GRUB nya tidak akan tampil. Hal ini dikarenakan pada komputer yang sebelumnya sudah terinstall Ubuntu, GRUB Ubuntu tertimpa oleh Bootloader kepunyaan Windows, inilah yang mengakibatkan mengapa menu GRUB tidak tampil pada saat komputer booting setelah instal ulang Ubuntu.

Pada kondisi ini sebenarnya Ubuntu Anda tidak rusak ataupun hilang, hanya saja ada konfigurasi yang salah yang harus diperbaiki atau kita cukup instal ulang GRUB-nya saja. dan tidak perlu melakukan install ulang Ubuntu kita lagi. Yang dibutuhkan hanya menginstall kembali bootloader Ubuntu (GRUB) yang tertimpa oleh Bootloader Windows.


Ingat, yang diinstall ulang hanya bootloadernya saja, buka sistem operasinya. OK

Hal ini khusus buat sahabat yang kocar-kacir karena bootloader ubuntunya hilang dimakan bootloader windows, Jangan panik, apalagi sampai mengambil ancang-ancang mau instal ubuntu juga. :D hehe

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting artikel mengenai bagaimana cara mengembailkan atau menginstal ulang ubuntu (baca: bootloader-nya aja).
Hal ini sangat sering dialami dan banyak sering terjadi di kalangan pengguna Linux yang dualboot dengan Windows. Pengguna linux ubuntu misalkan.

Bagi sahabat yang ingin menikmati kembali Ubuntu yang sebelumnya telah di Instal pada komputer anda sebelumnya. dan bermaksud mencari Cara Mudah Mengembalikan GRUB Ubuntu Yang Hilang Setelah Install Ulang Windows, bisa anda baca disini. Semoga panduan ini bisa membantu sahabat.

Sebelumnya saya pernah memposting Artikel berjudul Dasar Dasar Pengoperasian Ubuntu 11.04 Natty (1) : Terminal, Aplikasi & System Setting. Pada kesempatan kali ini saya akan memposting artikel mengenai bagaimana Cara Mudah Mengembalikan GRUB Ubuntu Yang Hilang Setelah Install Ulang Windows di Ubuntu

Untuk mengembalikan GRUB, anda membutuhkan LiveCD Ubuntu, usahakan yang sama versinya ya dengan Ubuntu yang sedang kita gunakan/yang akan dikembalikan GRUB nya.

Contohnya, gunakan Live CD Ubuntu 10.10 untuk mengembalikan GRUB dari Ubuntu 10.10, atau gunakan Live CD Ubuntu 11.04 untuk mengembalikan GRUB dari Ubuntu 11.04, dan seterusnya.
Terus kalau ubuntu yang lama udah diupgrade, bagaimana?
Ya... dicoba aja dulu, siapa tahu Allah kasih jalan keluar dan ternyata bisa :D


Lanjut ya,  nah kalau kita sudah menyiapkan Live CD nya, saatnya kita beraksi.
Masukkan Live CD Ubuntu ke CD/DVD ROM laptop/PC dan booting ke Live CD tersebut. Setelah berhasil masuk ke desktop Ubuntu, jalankan Terminal dan jalankan beberapa perintah dibawah ini.

1. Anda harus menentukan dimana letak partisi Ubuntu:
$ sudo fdisk -l

Pada gambar diatas (via Terminal dan Gparted) menunjukkan kalau lokasi instalasi Ubuntu saya adalah pada partisi /dev/sda7. Punya Anda mungkin berbeda, bisa saja /dev/sda5, /dev/sda6, dan lainnya.

2. Mount partisi dimana instalasi Ubuntu berada:
$ sudo mount /dev/sdaX /mnt

/dev/sdaX adalah lokasi instalasi Ubuntu. Lokasi instalasi ini tergantung pada hasil pada langkah 1.

3. Install grub ke partisi yang sudah di-mount
$ sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda

4. Update GUBR

Setelah semua langkah diatas sukses dijalankan, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah merefresh GRUB yang baru saja diinstall.
$ sudo update-grub

Terakhir, restart komputer Anda untuk memastikan apakah GRUB sudah tampil pada saat booting.
Lalu jalankan lagi sudo update-grub sampai partisi Windows Anda dikenali. Kalau sudah muncul tampilan seperti ini:


itu berarti GRUB nya sukses di recover :) SELAMAT

Namun jika tidak muncul dan tertera flash seperti ini... Layar backlightnya tiba-tiba mati seperti brightness yang disetting ke level dan frekuensi terendah.



Maka yang harus anda lakukan adalah masuk kembali ke sistem berkas dengan LiveCD Ubuntu. Untuk solusi sementara menangani bug ini adalah dengan menambahkan parameter boot pada GRUB. Ikuti parameter 1 dan ke-2 dilanjutkan dengan

3. Buka Terminal, dan menjalankan perintah berikut ini:
$ gksudo gedit /etc/default/grub


Cari baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT kemudian tambahkan baris acpi_backlight=vendor setelah quiet splash, seperti ini:



4. Setelah itu Save filenya kemudian Close.

3. Buka Terminal lagi dan jalankan:
$ sudo update-grub

4. Terakhir, Reboot komputer Anda untuk memastikan apakah hal ini berhasil atau tidak.



Saya sendiri sudah mencoba cara ini dan berhasil pada komputer saya. :D


Semoga panduan ini bisa membantu sahabat.

Kalau Anda merasa kurang jelas dengan penjelasan/langkah-langkah diatas janganlah ragu-ragu untuk bertanya atau memberi komentar disini. Terimakasih 

Baca juga: Menghapus Kernel di Grub ubuntu yang tak beraturan  dengan Ubuntu Tweak

Referensi: [Sumber]

2 comments:

  1. baru nyobain tapi blm reboot, semoga aja bisa.. kemungkinan rusaknya grub ane itu hilangnya file stage2, insya allah bisa deh T_T soalnya seharian ini frustasi nyarinyaa T_T

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...