Wednesday, December 21, 2011

Hal Terpenting Dalam Melindungi Komputer dari Virus


Komputer masih menjadi perangkat andalan untuk mengakses internet. Komputer yang aman merupakan salah satu modal agar aktivitas jelajah internet berlangsung lancar. Ini karena komputer yang aman lebih mampu menangkal serangan atau program jahat yang mencoba masuk melalui internet.

Jika Anda sering jadi korban serangan virus, bisa jadi komputer Anda tidak cukup tangguh untuk menangkal serangan yang masuk. Berikut adalah modal penting dalam melindungi komputer:

1. Pastikan firewall selalu dalam posisi “on”. Firewall merupakan software yang dapat menangkal akses ilegal ke komputer, baik yang bermaksud menghapus informasi, merusak komputer, maupun mencuri data pribadi.

Jika Anda menggunakan lebih dari satu komputer yang saling terhubung, pastikan firewall di masing-masing komputer aktif. Ini untuk mencegah virus menyebar ke semua komputer apabila salah satu komputer terinfeksi.

2. Gunakan software dan sistem operasi yang up-to-date. Update terbaru, apalagi yang sifatnya high priority sangat penting untuk keamanan komputer. Update software biasanya berisi perlindungan terkini, serta perbaikan pada bug dan celah keamanan yang ada di versi sebelumnya.

3. Selalu update software antivirus. Teknologi antivirus terbaru lebih mampu menangkal virus dan spyware yang menyerang komputer, dibanding antivirus dengan teknologi lama.

4. Faktor brainware (manusia) juga berperan penting. Selalu waspada dan hati-hati, seperti tidak sembarang membuka attachment di e-mail atau link yang tidak diketahui secara pasti apa isinya.

Attachment atau link tersebut bisa saja berisi virus atau program jahat lainnya. Jangan sembarang men-download, kecuali dari situs yang terpercaya, dan baca semua peringatan keamanan, persetujuan lisensi dan privasi terkait software manapun yang Anda download.

Sumber: www.microsoft.com/protect

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...