Thursday, September 8, 2011

Belajar HTML - Pengertian HTML

Kode HTML


Pengertian HTML

HTML adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language, yang artinya tata cara penulisan yang digunakan dalam dokumen web. Dokumen HTML adalah sebuah dokumen teks murni yang dapat dibuat dengan editor web sembarang seperti notepad. Dokumen ini akan dieksekusi oleh sebuah browser (mis. Mozila Firefox), sehingga browser mampu menghasilkan suatu dokumen yang sesuai dengan keinginan seorang designer atau programmer web. Dokumen ini mempunyai kemampuan untuk menampilkan gambar, suara, teks, maupun penyediaan link terhadap halaman web lainnya, baik dengan alamat yang sama maupun dengan alamat yang berbeda.

Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.

Pada dasarnya setiap dokumen atau file yang disimpan secara default akan secara otomatis diberikan sebuah extension atau akhiran, misalnya pada dokumen yang diedit dengan menggunakan Microsoft Word, ketika disimpan pada media penyimpanan akan ditambahkan *.doc (dibaca: dot dok) atau pada dokumen Microsoft Excel akan menambahkan *.xls (dibaca: dot xls),dll. Untuk dokumen yang disimpan dengan menggunakan format HTML, maka pada tiap dokumen yang disimpan harus ditambahkan sebuah akhiran*.htm atau *.html (dibaca: dot htm atau dot html). Karena pada dasarnya tiap dokumen html akan dapat dieksekusi pada sebuah browser seperti Internet Explorer yang didalamnya dapat mengenali extention *.htm atau *.html.


Dokumen yang dibuat dengan format HTML, terdiri dari beberapa elemen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya untuk membentuk satu dokumen HTML yang utuh. Elemen yang diperlukan untuk membentuk sebuah dokumen HTML secara utuh antara lain adalah elemen html, elemen head, elemen title, dan elemen body yang masing-masing elemen diapit oleh sebuah tanda atau disebut dengan delimiter.

Elemen yang telah diapit oleh sebuah tanda (delimiter) sering disebut dengan tag.

Delimiter yang digunakan adalah tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>).

Secara utuh sintaks darielemen atau tag HTML ditulis sebagai berikut : <nama elemen>

Misalnya : <html>
Setiap elemen atau tag dalam dokumen HTML harus selalu diakhiri dengan tag penutup untuk menghindari terbukanya informasi dalam suatu tag HTML. Untuk mengakhiri elemen atau tag dalam sebuah dokumen HTML, dibutuhkan sebuah tanda atau delimiter tambahan, yaitu dengan menambahkan backspace (/). Secara utuh sintaks untuk elemen atau tag penutup adalah sebagai berikut :</nama elemen>
Misalnya : </html>

Struktur Dokumen HTML

Elemen yang terdapat dalam sebuah dokumen HTML terbagi atas dua bagian, yaitu Section Head dan Section Body. Section Head berfungsi untuk menampilkan informasi pada jendela browser yang terdapat pada sebuah dokumen HTML. Biasanya informasi yang ditampilkan pada jendela browser berupa isi/informasi yang terdapat pada tag title, misalnya (title>isi/informasi. Sedangkan Section Body untuk menampilkan informasi yang dapat ditampung pada Section Body, misalnya teks, paragraph, dll.




No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...