Saturday, August 27, 2011

Dasar Dasar Pengoperasian Ubuntu 11.04 Natty (1) : Terminal, Aplikasi & System Setting


Mengoperasikan Linux Ubuntu sangatlah mudah. Tidak sesulit yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan Ubuntu sudah memiliki Graphical User Interface (GUI) yang sangat user friendly. Lima atau sepuluh tahun yang lalu memang hanya pengguna yang mengerti bahasa mesin komputer yang dapat mengoperasikan Linux. Tetapi kini orang awam pun dapat menjalankan komputer bersistem Linux/Ubuntu dengan mudah.


Terima kasih kepada Google. Mesin pencari ini bisa diibaratkan petugas library/perpustakaan raksasa yang luar biasa pintarnya. Dua tahun yang lalu saya belum pernah menyentuh Linux sama sekali, saat mulai menggunakan Ubuntu untuk Dell Inspiron saya pun bukan seorang programmer. Setiap kali menemui masalah saya selalu lari ke Google untuk menemukana jawabannya. Kini saya cukup familiar dengan Ubuntu dan saya ingin berbagi pengalaman menggunakan Ubuntu dengan nyaman.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan setelah selesai menginstall Linux Ubuntu. Tujuannya agar komputer menjadi benar-benar nyaman sebagai alat dan teman bekerja.

1.Mengenal Terminal Ubuntu
Di Ubuntu ada 2 cara untuk memberikan perintah ke komuter. Yang pertama dengan klik-and-drag mouse seperti di Windows, dan yang kedua dengan command line (perintah berupa command text). Untuk memberikan instruksi berupa command line kita harus masuk ke Terminal panel seperti terlihat di bawah ini :




 
Masuk ke terminal dilakukan dengan cara klik menu di pojok kiri atas : Application > Accessories > Terminal.


Semua instruksi di Ubuntu bisa dilakukan dari Terminal, dan ada beberapa instruksi yang hanya bisa dilakukan dari Terminal, tidak dari desktop graphical panel. Sulit dan rumit? Jangan khawatair. Awalnya saja kelihatan rumit, lama kelamaan Anda akan menikmatinya.

Instruksi Terminal Ubuntu ada banyak sekali. Perlukah kita menghafalnya? Tidak! Biarkan Google yang melakukannya. Kita hanya perlu punya kemampuan membuat/merumuskan kata kunci dari masalah yang sedang kita hadapi dengan Ubuntu. Masukkan kata kunci tersebut ke dalam kotak pencarian Google dan Google akan memberikan jawabannya. Berhubung referensi yang ada banyak tersedia dalam bahasa Inggris, sebaiknya kita pun juga siap dengan kata / kalimat dalam bahasa Inggris.

Berikut adalah contoh kata kunci yang pernah saya pakai untuk mencari Terminal command line :
- Turn off computer from Ubuntu Terminal
- Restart computer from Ubuntu terminal
- Copy file from Ubuntu Terminal
- Make directory from Ubuntu Terminal, dll.
Jika ingin mengenal Terminal Ubuntu lebih jauh, silahkan kunjungi Ubuntu Terminal Guide

2. Menjalankan Aplikasi di Ubuntu
Untuk menjalankan program aplikasi di Ubuntu tinggal mengkilk menu Applications yang ada di sudut kiri atas dan tinggal pilih aplikasi yang ingin dijalankan. 

Berikut adalah beberapa aplikasi yang secara default sudah terinstall saat kita menginstall Ubuntu 11.04 Natty Narwhal :
- Libre Office : program aplikasi perkantoran sebagai substitusi MS Office di Ubuntu.
- Mozilla Firefox : internet browser.
- Banshee Media Player : untuk audio.
- Movie Player.
- Text Editor : mirip dengan Note Pad
- Terminal : untuk mengeksekusi command line.
- Take Screenshot : untuk mengambil screenshot dari layar monitor.
- Ubuntu Software Center : untuk menginstall open source sofwares.

3. Ubuntu System Setting
Menu untuk system setting di Ubuntu bisa diakses dari “System” yang ada di bagian kiri atas desktop panel. Menu-menu tersebut dikelompokkan dalam Preferences dan Admiministration.






Diantara menu-menu tersebut yang sering dipakai adalah
- Appearance : mengatur theme dan background wallpaper.
- Monitors : mengatur resolusi layar monitor.
- Network Connections : mengatur setting jaringan termasuk koneksi internet.
- Screensaver
- Printing : management printer termasuk menambahkan printer baru ke dalam komputer.
- Update Manager : untuk melakukan pemutakhiran Ubuntu beserta program aplikasinya sehingga sesuai dengan update terakhir.
 

Semoga panduan ini bisa membantu sahabat.

Kalau Anda merasa kurang jelas dengan penjelasan/langkah-langkah diatas janganlah ragu-ragu untuk bertanya atau memberi komentar disini. Terimakasih 

Baca juga:
Dasar Dasar Pengoperasian Ubuntu 11.04 Natty (2) : Sharing Printer, Sharing Files, Install Aplikasi

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...