Friday, December 24, 2010

Safety Riding Saving Our Self - Jadilah Kesatria Jalanan





      Pada zaman sekarang ini peran serta kendaraan sebagai modal transportasi dalam menunjang aktifitas masyarakat sangatlah penting. Hal ini dapat dirasakan dengan peran serta kendaraan yang meningkatkan nilai dan manfaat lebih dalam percepatan ekonomi bagi kelancaran aktifitas guna menunjang masyarakat  dalam menjalani rutinitasnya sebagai kebutuhan.  Mulai dari kalangan pelajar, pedagang, sampai pebisnis kantoran pun sangat mengantungkan aktifitasnya pada sarana transportasi di setiap harinya. “Betul tidak.. ?“

      Siapa sangka jika pada hari kerja, masyarakat menggunakan sarana transportasi untuk  keluar rumah agar dapat menuju tempat usahanya. Hal itulah yang nampak ketika kita dimanjakan dengan berbagai macam aktifitas yang sering kita lihat di jalan-jalan pada hari kerja di luar rumah kita. “Ya seperti ituah...  Huuhf, Macet dimana-mana”. Jalan macet, ditambah serobot sana-sini mencari celah untuk mau lewat, ya malah tambah macet. Tapi apapun bentuk masalahnya, modal transportasi tetap saja kendaraan memegang peran dan andil dalam mewarnai dimensi baru untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam mengoptimalkan waktu dan kinerjanya. Terlebih lagi bagi pengguna kendaraan umum. “Sok sibuk sama ngetemnya, cape deh..” Ingat penumpang yang menunggu kendaraan, tapi ini malah sebaliknya. Meskipun hanya sebagian angkutan umum sih yang melakukannya.

      Oleh karena itu kita sebagai pengendara, dalam hal ini kita benar-benar dapat menyiapkan kondisi kita juga kondisi kendaraan kita agar safety riding. Menyiapkan kondisi mental juga sangatlah penting, selain dapat menjaga kita agar tetap fokus dalam berkendara, kita juga harus berkonsentrasi penuh, maka kesiapan fisik juga harus diperhatikan lho, jangan disepelekan. Ingat jangan lupa : SIM, STNK, dan Surat-surat lainya sebagai tanda pengenal. Serta menggunakan peralatan safety riding yang berlaku, bersikap sopan dan harus menghormati pejalan kaki serta penyebrang jalan agar tidak terjadi kecelakaan lalu-lintas.

      Setelah surat-surat langkap, lihatlah fisik kendaraan kita, Setiap kendaraan apalagi kendaraan bermotor haruslah memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan. Mau tidak mau kendaraan kita juga harus di Cek Up dan dirawat secara rutin, bagi pengendara seharusnya jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan berkendara. Kendaraan kita juga harus dalam kondisi sehat selalu lho, juga harus benar-benar siap. Agar kita bisa merasa nyaman dalam berkendara ”Kenyamanan dalam berkendara itu kan perlu”. Selain itu kita juga harus disiplin dengan segala peraturan yang ada, “Harus itu.. !!!”.

      Pepatah mengatakan “mencegah itu lebih baik dari mengobati”.  ingat, rambu lalu lintas bukan hanya sekedar pajangan dan penghias jalan raya lho bapak-bapak, ibu-ibu, serta teman-teman. sekalian. “Dengan Tertib lalu lintas, kita telah menyelamatkan keluarga, pejalan kaki dan diri kita sendiri” Apa iya? Ya iya dong. Ingat “Peraturan ada kan bukan untuk dilanggar, tapi untuk dilaksanakan guna kebaikan kita bersama”. Sudah saatnya kita untuk jadi kesatria “Pengemudi kesatria  adalah pengemudi yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri maupun orang lain” Kesatria Jalanan ya? Hmm. Pasalnya banyak sekali sering kita jumpai kesalahan dan kelalaian pengemudi kendaraan, baik itu para pengemudi kendaraan umum maupun pengemudi kendaraan pribadi dalam berlalu lintas banyak yang tidak bersikap sopan dan kurang bersikap kesatria dalam berlalu lintas. Akibatnya sering terjadi kecelakaan lalu-lintas yang tak terhindarkan, sudah banyak kecelakan yang diakibatkan oleh kelalaian juga karena ketidak siapan kendaraan para pengemudinya serta faktor ketidak siapan dan ketidak tahuan pengemudinya itu sendiri mengenai safety riding.

4 comments:

  1. Mari mulai dari diri kita masing-masing, salam kenal mas, mapirlah ke sini..
    http://jazi.blogdetik.com/2010/12/23/demi-keselamatan-bersama-hindari-menggunakan-ponsel-saat-mengemudi/

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mas telah berkunjung, salam kenal mas jazi.

    ReplyDelete
  3. Gunakan Helem SNI,, wah bagus bagus...ini baru bagus...

    salam seafty riding,,
    mampir www.marketplus.co.id

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...