Friday, January 8, 2010

A. KOMPONEN HARDWARE (PERANGKAT KERAS)



    Dalam sistem komputasi, dikenal banyak sekali hardware. Dalam hal ini, masalah komputasi kita batasi hanya pada PC (Personal Computer) saja.
Hardware dalam PC terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), input device, dan output device.


CPU terdiri dari beberapa komponen penting, yaitu :


• Processor
• Motherboard / Mainboard
• RAM (Random Access Memory)
• VGA (Video Graphics Array) Card
• Hardisk Drive (HDD)
• Floppy Disk Drive (FDD)
• CDROM / DVDROM Drive
• Network Adapter
• Sound Card dan Speaker
• Power Supply dan UPS




1. Processor

   Microprocessor atau biasa disebut dengan processor adalah otak yang mengatur kerja sebuah komputer. Artinya seluruh aktivitas sebuah komputer dikontrol dan diperintah dari processor.
Processor pertama kali diproduksi oleh Intel pada tahun 1974. Adapun produsen processor komputer yang paling besar saat ini adalah Intel dan AMD (Advanced Micro Device).
Processor dikenal dengan jenis dan kecepatan getar (clock speed) nya. Ada beberapa jenis dan model processor, sesuai dengan nama yang diberikan oleh pembuatnya.


   a. Perkembangan Mikroprosesor Intel dan Personal Computer(PC)
Sesuai dengan waktu  evolusi generasi-generasi prosesor yang  baru  bermunculan dengan perfomance yang lebih canggih,  baik dari segi kualitas maupun kerumitannya.
Perkembangan tipe prosesor :
• XT 8086 – 8088
• AT 286, AT 386, AT 486
• Pentium I : AT 80586 dengan 50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz
• Pentium II : 266 Mhz., 300 Mhz, 350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz.
• Pentium III : 500 Mhz, 550 Mhz, 600 Mhz, 650 Mhz, 700 Mhz.
• Dan generasi terbaru sekarang Pentium IV


   b. Processor selain Intel dan perkembangannya
Mangsa  pasar  yang  menggiurkan  untuk  teknologi  Komputer  di  Indonesia menyebabkan  processor  yang  ada  di  Pasar  tidak  hanya  produk  Intel  Co.  tetapi Perusahaan  lain  seperti  AMD  (  Advanced  Micro  Device  )  serta  Cyrix  juga mengeluarkan  beberapa jenis Processor yang  berusaha mengimbangi produk-produk dari Intel. Produk-Produk dari AMD antara lain : AMD K-5,  AMD K-6,  AMD K6-2, AMD K6-3, AMD K-7, AMD Duron, AMD Athlon. Dimana produk-produk AMD ini ternyata  beberapa  dan  belakangan  ini berhasil melampaui  kemampuan dari produk- produk Intel.
Processor AMD dikenal dengan harga yang lebih murah dengan kehandalan yang tidak kalah dengan produk Intel.
Selain  AMD,  Processor  merk  lain  yang  beredar  dipasaran  Indonesia  adalah processor  merk Cyrix yaitu Cyrix 6x86, M-II,  dan  M-III, tetapi sayangnya Processor merk Cyrix ini tidak seberhasil AMD untuk membuat processor  tandingan  bagi Intel.




2. Motherboard

   Motherboard atau biasa disingkat dengan MB, adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang mempunya slot-slot untuk komponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubung dan saling bekerja sama dengan baik.
Motherboard dibedakan atas bentuk dan layout sirkuitnya yang biasa disebut dengan form factor. Dari bentuknya, motherboard biasa dibedakan menjadi 2, yaitu model desktop (monitor diletakkan di atas CPU) dan model tower (monitor diletakkan di samping CPU).




Yang  harus  diperhatikan dalam  memilih  ataupun  merakit  Mother  board antara lain :
1. Setiap  Motherboard memiliki pasangan  dengan  processor  tertentu,  yaitu  type socket atau slot yang tersedia untuk prosessor.
2. Kemampuan  Motherboard  untuk bisa di Up-grade sampai dengan kecepatan Processor  berapa.  Umumnya  motherboard mampu untuk di-upgrade  dengan mengganti  processor.  Informasi  tentang  hal  ini  sangat  penting  untuk pembelian motherboard dengan pertimbangn untuk bisa di upgrade.


3. Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada Motherboard Semakin besar kapasitas memory yang disediakn semakin menguntungkan.


4. Slot  yang  tersedia  untuk  setiap  jenis  RAM,  misalnya  berapa  slot  yang disediakan untuk EDO RAM, SDRAM dll.


5. Setting Motherboard secara BIOS (software) atu secara jumper setting . 
6. Jumlah  slot untuk  PCI  dan  ISA.  Slot slot tersebut  sangat bermanfaat untuk penambahan peripheral seperti audio card.


7. Apakah  motherboard Support untuk  AGP bagi VGA card, support AGP akan lebih  menguntungkan  untuk  persediaan  apabila  diinginkan  peningkatan kemampuan grafis dari computer dengan memasang AGP card.


8. Speed  Bus  untuk  memory  sampai  dengan  kecepatan  berapa                                 ( 66,100,133,200,400 Mhz).


9. Apakah VGA card dan audio Card sudah onboard atau tidak.


10. Power  Supply  untuk  Mother  Board  AT  atau  ATX  atau  Baby  AT.  Semua informasi  diatas  dapat  diketahui  dari  manual  book  yang  ada  pada motherboard.


Beberapa jenis Slot atautu Socket untuk processor antara lain :


>>>Slot1
   Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan celeron.
>>>Slot2
   Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium II Xeon 9.
>>>Socket 7
   Mother  Board  yang  dibuat untuk  mendukung Processor AMD K6-2, AMD K6-3 dan MMX.
>>>Slot A
   Mother  Board  yang  dibuat  untuk  mendukung  Processor  AMD  Athlon,  AMD Thunderbird
>>>Socket A
   Mother  Board yang dibuat  untuk  mendukung  Processor  AMD  Athlon  dan  AMD Duron.
>>>Socket 370
   Motherboard yang dibuat untuk  mendukung  Processor Intel® Pentium® III (Tualatin and Coppermine) /CeleronTM.
>>>Socket 8
   Mother  Board  yang dibuat untuk  mendukung  Processor  Pentium®II  and  Pentium®Pro .
>>>Socket 423
   Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-4.


Beberapa produsen MB yang terkenal adalah ASUS, IWILL, Gigabyte, dan sebagainya.


3. RAM (Random Access Memory)

   RAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta oleh processor. Alur data yang disimpan dan dikeluarkan dari RAM sangat dinamis dan berkecepatan sangat tinggi.
Pemilihan RAM harus disesuaikan dengan form factor dari motherboard yang akan digunakan. Demikian juga dengan speed RAM yang akan digunakan, harus disesuaikan dengan speed bus motherboard yang akan dipakai. Jika speednya berbeda, maka akan timbul masalah saat komputer dijalankan.
Data yang tersimpan di RAM akan hilang saat komputer dimatikan. Dengan demikian, penyimpanan data dalam RAM hanya bersifat sementara saja. Sedangkan penyimpanan yang permanen dikenal dengan ROM (Read Only Memory). ROM ini tidak dapat menyimpan data berulang-ulang. Rom hanya mampu diberi data satu kali, sesudah itu hanya dapat dibaca saja.
RAM dibedakan atas 2 jenis yang paling banyak dipakai yaitu SDRAM dan RDRAM. SDRAM singkatan dari Synchronous Dynamic Random Access Memory, sedangkan RDRAM singkatan dari Rambus Dynamic Random Access Memory.
Di pasaran Indonesia, yang paling banyak dipakai adalah jenis SDRAM, karena harganya jauh lebih murah dari jenis RDRAM. DI sisi lain, sebenarnya RDRAM menawarkan kinerja kecepatan yang sangat tinggi, yang secara teori mampu mencapai 1.6 GB/s.
RAM sendiri dijual berdasarkan kapasitas penyimpanan datanya, mulai dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1GB, 2GB. Semakin besar kapasitas simpannya, makin mahal harganya.


4. Video Graphics Array Card (VGA Card)

   VGA Card adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat oleh pengguna. Sebenarnya komponen ini memiliki nama asli graphic adapter. Namun karena berkembang standar baku yang dikembangkan oleh IBM, yaitu standar VGA, maka komponen ini lebih dikenal dengan VGA Card.
Produsen VGA card sendiri ada banyak sekali, di antaranya ASUS, Gigabyte, MSI, dan sebagainya. Namun hanya ada 2 jenis chipset yang banyak digunakan pada VGA card, yaitu chipset buatan NVidia (NVidia GeForce) dan ATI (ATI Radeon).
VGA Card beredar di pasaran berdasarkan kapasitas memory internal yang ada pada VGA card tersebut, mulai dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1GB, 2GB. Kapasitas ini terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi graphic adapter ini.


5.  Hardisk Drive

    Hardisk merupakan komponen vital dalam sebuah PC karena pada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada di PC disimpan.
Hardisk dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan teknologi transfer data yang digunakannya, yaitu ATA (Advanced Technology Attachment) atau yang lebih dikenal dengan IDE (Integrated Drive Electronics), dan SCSI (Small Computer System Interface). Standar ini diperkenalkan oleh IBM.
Pada PC, hardisk yang digunakan biasanya dari jenis IDE, sedangkan pada server biasa digunakan jenis SCSI. Hardisk SCSI memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibanding dengan IDE. Namun perkembangan teknologi membuat hardisk jenis IDE semakin cepat dan mendekati kecepatan hardisk SCSI.
Hardisk dijual berdasarkan kapasitas dan kecepatan rotasi yang ada. Semakin cepat putaran sebuah gardisk, semakin cepat data yang dapat ditransfernya.
Kapasitas hardisk yang beredar di pasaran mulai dari dibawah 800 MB, 1 GB, 4 GB, 8 GB, 10 GB, 20 GB, 30 GB, dan sebagainya. eknologi terbaru memungkinkan sebuah hardisk mampu menyimpan data sampai dengan 100 GB.
Produsen hardisk yang cukup dikenal di Indonesia adalah Seagate dan Maxtor.
                                  
6.  Floppy Disk Drive

    Floppy Disk Drive atau yang lebih dikenal dengan FDD adalah alat untuk membaca dan menuliskan data yang tersimpan di sebuah floppy disk (disket).
Pada awalnya, FDD muncul dengan ukuran yang besar yaitu 5.25” mengikuti ukuran disket yang saat itu sedang beredar. Namun saat ini yang masih bertahan adalah FDD yang berukuran 3.5”. Untuk pasar Indonesia banyak beredar FDD dengan merk Panasonic.


7.  CDROM dan DVDROM Drive

CDROM atau DVDROM drive adalah alat untuk membaca data baik dari media CD ataupun DVD. Karena bersifat ROM (Read Only Memory), alat ini hanya mampu membaca data saja. Namun akhir-akhir ini berkembang teknologi penulisan CD, sehingga muncul yang disebut CD-RW dan DVD –RW Drive.
CD-RW dan DVD-RW drive selain dapat membaca (read) data dari media CD dan DVD, juga mampu menulis (write) data ke dalam media tersebut.
Drive ini dibedakan berdasarkan kecepatan baca dan tulisnya. Untuk kecepatan baca, banyak dikenal 12X, 24X, 32X, 52X sedangkan kecepatan tulis baru 16X.


8.  Network Adapter

    Network Adapter bisa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), LAN (Local Area Network) Card, dan Ethernet Card.
Network adapter adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Berkomunikasi di sini bukan berarti bercakap-cakap, melainkan bertukar data dan sumber daya lainnya (misalnya pemakaian printer bersama-sama).
Network adapter dikelompokkan menurut kecepatan transfer datanya, mulai dari 10 bps (bit per second), 100 bps, dan 1000 bps. Yang memiliki kecepatan 10 bps biasa disebut dengan ethernet, 100 bps disebut fast ethernet, dan 1000 bps disebut gigabit ethernet. Ada pula network adapter yang mampu bekerja dalam 3 speed sekaligus. Adapter ini biasa disebut dengan combo adapter.


9.  Sound Card dan Speaker

    Sound card juga biasa disebut dengan audio card. Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang dapat didengar oleh user melalui speaker yang dihubungkan dengan sound card tersebut.
                                       
10. Power Supply dan UPS



    Power supply adalah komponen PC yang mengatur supply listrik dari PLN ke komponen di dalam PC tersebut.
Selain power supply, dikenal pula komponen yang bernama UPS. UPS singkatan dari Uninterruptible Power Suplly. Alat ini merupakan alat yang berdiri sendiri di luar PC yang berguna untuk menyuplai tenaga listrik tanpa berhenti, meskipun sumber listrik PLN sedang mati. Ini dimungkinkan karena UPS memakai baterai cadangan untuk menyuplai listrik ke PC di saat sumber listrik dari PLN mati. Pada saat listrik PLN hidup, UPS akan secara otomatis men-charge baterainya untuk digunakan saat listrik PLN mati.
UPS ini sangat berguna bagi penggunaan komputer, karena komponen di dalam PC sangat rentan dengan input sumber daya listrik yang tidak stabil.


11. Keyboard

    Keyboard adalah alat input utama dari sebuah PC selain mouse. Melalui keyboard kita dapat memberikan instruksi kepada komputer untuk mengerjakan sesuatu yang kita inginkan.
Keyboard memuat tombol-tombol penting di antaranya :


•    Tombol penulisan huruf.
•    Tombol enter untuk mengeksekusi sebuah action.
•    Tombol Esc (escape) untuk membatalkan sebuah action.
•    Tombol-tombol fungsi khusus (F1 – F12).
•    Tombol penulisan angka.
•    Tombol kontrol sistem operasi (tombol windows, tombol right click menu).


Keyboard dikenal dalam 2 jenis, yaitu keyboard serial dan keyboard PS2 (baca PS Two). Yang membedakan hanyalah konektor kabelnya. Untuk yang serial berbentuk kotak, sedangkan yang PS2 berbentuk bulat. Dalam memilih keyboard, anda harus melihat konektor yang disediakan oleh motherboard, apakah serial atau PS2.


12. Mouse



    Karena berbentuk seperti seekor tikus, alat ini disebut dengan mouse. Sebenarnya alat ini adalah komponen input yang memungkinkan pointer bergerak ke segala arah.
Alat ini mempunyai bola untuk menggerakkan pointer dan dilengkapi dengan minimal 2 tombol untuk melakukan clicking, yaitu tombol kiri (untuk left click) dan tombol kanan (untuk right click).
Klik kiri untuk mengeksekusi sebuah point yang ditunjuk oleh pointer, sedangkan klik kanan untuk memunculkan menu yang berhubungan dengan point yang ditunjuk oleh pointer.
Mouse dikenal dalam 2 jenis, yaitu keyboard serial dan keyboard PS2 (baca PS Two). Yang membedakan hanyalah konektor kabelnya. Untuk yang serial berbentuk kotak, sedangkan yang PS2 berbentuk bulat. Dalam memilih mouse, anda harus melihat konektor yang disediakan oleh motherboard, apakah serial atau PS2.
Saat ini berkembang mouse yang tidak menggunakan bola untuk menggerakkan pointer, tetapi menggunakan teknologi optic yang berwujud sinar infra red. Optic akan menangkap bayangan benda yang berada di bawah mouse dan menampilkannya dalam bentuk gerakan pointer saat mouse digerakkan.


13. Scanner



    Scanner adalah perangkat tambahan pada PC yang berfungsi untuk mencitrakan sebuah foto atau benda 3 dimensi ke dalam wujud sebuah file gambar digital sehingga kita dapat melakukan editing gambar dengan aplikasi image editor seperti Photoshop, Corel, dan sebagainya.


14. Barcode Reader

    Barcode reader adalah perangkat tambahan pada PC yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam PC dari sumber data yang berbentuk barcode.


15. Monitor



   Monitor adalah komponen untuk menampilkan apa yang sedang diproses PC dalam bentuk visual, sehingga kita dapat dengan mudah memahaminya.
Monitor diproduksi dengan menggunakan 2 jenis teknologi yang berbeda, yaitu monitor yang menggunakan tabung CRT (Catode Ray Tube) dan monitor yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display). Monitor LCD berbentuk lebih tipis dan lebih mahal harganya, sedangkan monitor CRT lebih murah namun lebih besar bentuknya.
Monitor dijual dalam ukuran yang berbeda, mulai dari 14”, 15”, 17”, 21”, dan 29”. Ukuran di sini adalah ukuran panjang diagonal layar yang dapat menampilkan gambar. Semakin besar ukurannya, semakin mahal harganya.


16. Printer

    Printer adalah output device utama untuk menghasilkan output dalam bentuk cetakan (handcopy).
Printer terbagi atas beberapa jenis yang menggunakan teknologi yang berbeda pula.
Pertama : printer dot-matrix. Printer ini menggunakan head yang memukul kepala huruf ke kertas yang digunakan. Kelebihan printer jenis ini adalah murah pitanya (lebih mahal harga printernya dibanding ink-jet), bisa mencetak pada kertas berukuran sampai A3, bisa mencetak dengan kertas yang berlapis-lapis. Printer ini hanya mencetak dalam warna hitam saja.
Kedua : printer ink-jet. Printer ini bekerja dengan menyemprotkan tinta pada kertas. Printer ini berharga lebih murah, namun penggantian tintanya lebih mahal daripada pita milik dot-matrix. Kelebihan printer ini dapat mencetak berwarna, sesuai dengan tinta yang digunakan. Namun masih jarang printer ink-jet yang mempunyai kemampuan cetak di atas ukuran A4.
Ketiga : printer laser. Printer ini menggunakan teknologi laser untuk mencetak pada kertas. Printer ini dapat menghasilkan cetakan yang halus, dan kemampuan cetak yang lebih cepat dibanding jenis lainnya. Namun masih jarang printer laser yang berkemampuan cetak ukuran di atas A4 dan menghasilkan cetakan yang berwarna.


17. Speaker

    Speaker adalah perangkat tambahan untuk menghasilkan suara pada PC. Untuk menggunakan Speaker, anda harus memasang sound card terlebih dahulu.


Terakhir Input device yang wajib ada yaitu keyboard (Serial / PS2) dan mouse (Serial / PS2). Input device lainnya yang sunnah adalah scanner dan barcode reader. Input device ini digunakan sesuai kebutuhan yang ada.
Sedangkan output device utama yang wajib ada adalah monitor, printer, dan speaker.






No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...