Tuesday, June 26, 2007

Sosialisasi Pengembangan Basis Data Sarpras Litbang

ristek.go.id, Sosialisasi pengisian basis data sarana prasarana laboratorium di perguruan tinggi yang berada di Semarang dan sekitarnya  dilaksanakan di Kampus Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang, pada hari Selasa 26 Juni 2007. Kegiatan ini diikuti oleh operator dari 23 perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada  di Provinsi Jawa Tengah.

Fajar Suprapto, Asisten Deputi Urusan Program Riptek Daerah  dalam kesempatan tersebut memaparkan garis besar upaya yang dilakukan Kementerian Negara Riset dan Teknologi dalam pengembangan Kapasitas Iptek Daerah. Fajar menyampaikan bahwa dukungan basis data sangat dibutuhkan dalam upaya sinergisme lembaga penelitian, promosi serta bahan evaluasi. Ke depan, basis data sarpras merupakan satu bagian kecil dari basis data kapasitas dan kapabilitas riptek, yang sedang dikembangkan.

Agus S Budiawan, Kabid Pembinaan Program Riptek Daerah  memberikan penjelasan tentang latar belakang, tujuan, manfaat, serta kondisi terakhir basis data sarpras yang telah dibangun. Menurut Agus, kegiatan ini bertujuan  membangun basis data sarana-prasarana riset di laboratorium yang ada di lembaga litbang nasional dan dapat digunakan sebagai acuan pemerintah dalam menentukan kebijakan di bidang pengembangan sumberdaya riptek nasional. Sebelumnya basis data sarpras telah disosialisasikan dan diisi oleh unit-unit Litbang LPND Ristek dan Departemen. Sementara itu, untuk perguruan tinggi telah disosialisasikan di wilayah Medan dan sekitarnya pada bulan Mei 2007.

Informasi sarana-prasarana ini dapat dilihat dalam situs www.ristek.go.id atau www.progriptek.ristek.go.id/sarpras/. Hasil sementara yang telah dicapai dari sosialisasi yang telah dilakukan selama ini tercatat 88 unit litbang yang telah melakukan input data,  2010 item sarpras dan 711 item kompetensi. (adppr-humasristek)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...