Welcome

Berawal dari ketiadaan, kita berpikir dan belajar untuk menciptakan. Membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, lebih berarti dan lebih bermanfaat. "Mari berbagi manfaat" #Give thank to Allah, the Creator of all things.

Inspirasi Hari Ini


Wednesday, May 7, 2014

Install ECW support QGIS 2.2.0-Valmiera on Ubuntu 14.04 LTS


1. Download ERDAS-ECW_JPEG_2000_SDK-5.1.1.bin in http://download.intergraph.com/

Search ERDAS ECW/JP2 SDK v5.1 (Linux) or clik http://download.intergraph.com/downloads/erdas-ecw-jp2-sdk-v5.1-%28linux%29?startdownload=1

Open folder download and copy this file "ERDAS-ECW_JPEG_2000_SDK-5.1.1.bin" to Home


2. Open Terminal in Ubuntu 14.04 LTS and apply the following commands:

sudo gedit /etc/apt/sources.list

3. Add a ubuntugis ppa in /etc/apt/sources.list:

deb http://ppa.launchpad.net/ubuntugis/ubuntugis-unstable/ubuntu raring main deb-src http://ppa.launchpad.net/ubuntugis/ubuntugis-unstable/ubuntu raring main

4. Save and exit

5. Open Terminal in Ubuntu 14.04 LTS and apply the following commands:

sudo apt-get update

sudo apt-get install libgdal-ecw-src


chmod +x ERDAS-ECW_JPEG_2000_SDK-5.1.1.bin

./ERDAS-ECW_JPEG_2000_SDK-5.1.1.bin #Select option desktop read only


sudo cp -r ERDAS-ECW_JPEG_2000_SDK-5.1.1 /usr/local/


sudo ln -s /usr/local/ERDAS-ECW_JPEG_2000_SDK-5.1.1/Desktop_Read-Only/lib/x86/release/libNCSEcw.so /usr/local/lib/libNCSEcw.so


sudo ldconfig


sudo apt-get install libgdal-ecw-src


sudo gdal-ecw-build /usr/local/ERDAS-ECW_JPEG_2000_SDK-5.1.1/Desktop_Read-Only


gdalinfo --formats | grep -i ecw

And see on terminal
  ECW (rw+): ERDAS Compressed Wavelets (SDK 5.1)
  JP2ECW (rw+v): ERDAS JPEG2000 (SDK 5.1)



Open your QGIS, and lets go to pray

1 comments:

  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Saya punya banyak masukan untuk blogger Linux seperti akang.

    1) Fokuskan topik blog. Jadilah #1 di seluruh Indonesia dalam 1 bidang. Fokuskan saja ke Ubuntu, dengan topik spesifik semisal instalasi aplikasi PPA. Tolong perhatikan bahwa Bahasa Indonesia sangatlah penting bagi pembaca.

    2) Usahakan akang menulis dalam bahasa yang rapi dan diperhatikan betul tata bahasanya. Tentunya ini adalah sebuah proses yang tidak akan sempurna dalam waktu cepat. Namun hal ini adalah bukti kelas penulisnya dan bukti keseriusan seseorang. Ini yang menentukan suatu tulisan layak baca atau tidak.

    3) Buat 1 halaman khusus yang berkenaan dengan 1 subtopik dalam 1 topik akang. Misal, karena ini blog Ubuntu, maka alangkah bagus kalau dibuatkan 1 laman baru khusus unduh PDF yang berkaitan dengan Ubuntu. Mulai dasar sampai expert. Baik dalam Bahasa Indonesia (kalau ada) atau Bahasa Inggris. Itu akan jadi laman yang paling dicari pengunjung.

    4) Konsistenlah dalam tema UI Ubuntu. Jika Ubuntu datang dengan antarmuka bernama Unity, maka usahakan betul akang jaga skrinsot-skrinsot akang supaya diambil dalam keadaan temanya masih Unity. Jangan gonta-ganti tema untuk skrinsot-skrinsot di dalam tulisan. Ini adalah fundamen UX yang sangat penting. Ini akan membentuk persepsi di kalangan pembaca dan persepsi itu akan menambah level kemudahan Ubuntu untuk digunakan. Tentunya ini yang akang harapkan.

    5) Gunakan tema blog yang sederhana sehingga mudah di-load pembaca. Ukur kecepatan load blog akang dengan situs macam http://www.numion.com/ (cari sendiri kalau tidak puas). Tampilan tidak penting. Yang penting adalah isinya. Saya kira tema yang sekarang bisa (banget) dipertahankan.

    6) Berikan widget Recent Comment agar pembaca langsung tahu kalau komentar mereka sudah akang balas. Ini penting karena akang menggunakan Blogspot (bukan Wordpress.com).

    7) Buat versi PDF dari posting-posting paling bagus punya akang. Sebarkan di grup Linux + skrinsot kovernya. Jangan lupa bubuhkan alamat blog ini padanya. Lihat contoh http://www.makeuseof.com/pages/tag/linux yang bagus sekali.

    8) Buat kumpulan pranala penting dalam 1 subtopik sebagai widget kanan. Lihat blog saya sebagai contohnya. Ini akan meningkatkan SEO onpage akang sekaligus menambah kemudahan di sisi pembaca akang.

    Sebenarnya masih banyak lagi ide saya. Jika ingin berbincang. silakan akang datang ke IRC chatroom #ubuntu-indonesia. Saya harap komentar saya bermanfaat.

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...

Mario Teguh's Quotes

Quotes

Blogger Jogja

Twitter

Googlebot

SEO Monitor

Traffic Exchange

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Wibiya Widget


Wibiya provides a web toolbar that enables blogs and websites to integrate the most exciting services and web applications into their blog or website.