Welcome

Berawal dari ketiadaan, kita berpikir dan belajar untuk menciptakan. Membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, lebih berarti dan lebih bermanfaat. "Mari berbagi manfaat" #Give thank to Allah, the Creator of all things.

Tuesday, October 16, 2012

Apakah warna A dan B sama?

Sebagian besar kita mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya ilusi optik atau sering diistilahkan dengan tipuan mata. Mulai dari garis yang panjang dan pendek, bulatan-bulatan warna hitam, garis-garis lurus terpotong dan sebagainya. Kali ini mungkin ada ilusi yang tergolong baru [minimal bagi saya] yang saya yakin mata akan tertipu.


Lihat gambar berikut dengan seksama, menurut anda apakah warna kota A dan B sama? Ulangi dan periksa dengan benar apakah mata anda memberikan informasi yang benar atau tidak.



Jika mata anda melihat warna kotak A dan B sama, luar biasa.. mata super mungkin. Tetapi jika anda melihat atau meyakini bahwa warna kota A dan B berbeda, maka itu adalah sebuah kesalahan (dapat dikatakan mata kita tertipu). Warna kotak A dan B adalah sama, jika tidak percaya silahkan dicek dengan software, di cetak atau ditest dengan software apa saja. Termasuk Color Picker

HTML #787878
RGB(120,120,120)
C++ 0x787878
Delphi $00787878

Dari ilusi diatas, warna kotak A dan B terlihat berbeda, yang satu terlihat agak gelap dan satunya terang mendekati putih. Pada kenyataannya blok A dab B warnanya sama, tetapi otak mengubah asumsi warna ini karena interpretasi global dari gambar-gambar disampingnya. Termasuk juga warna kotak B tersebut sama dengan warna-warna abu-abu yang ada di luar bayangan benda, tidak hanya kotak A.

Ilusi tersebut terkenal dengan sebutan ilusi warna sama (same color illusion) yang ditemukan oleh Edward H.Adelson dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1995. Jadi sepertinya saya yang ketinggalan. Informasi lebih lengkap dan berbagai ilusi optik lain bisa dilihat di Wikipedia tentang Optical Illusion
Sumber: (ebsoft via dottech.org)

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...

Mario Teguh's Quotes

Quotes

Blogger Jogja

Traffic Exchange

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Wibiya provides a web toolbar that enables blogs and websites to integrate the most exciting services and web applications into their blog or website.