Welcome

Berawal dari ketiadaan, kita berpikir dan belajar untuk menciptakan. Membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, lebih berarti dan lebih bermanfaat. "Mari berbagi manfaat" #Give thank to Allah, the Creator of all things.

Inspirasi Hari Ini


Saturday, September 29, 2012

Perekonomian Berbasis Pengetahuan Terus Dikembangkan

ristek.go.id, Sejak tahun 2010, perekonomian Indonesia telah tumbuh dan berkembang secara konsisten. Disertai dengan optimisme para pakar ekonomi dan pelaku bisnis Indonesia, peningkatan tersebut telah memunculkan banyak peluang dan kesempatan baru bagi perekonomian bangsa. 

Kini tahun 2012 menjadi era pengetahuan, di mana pengetahuan dan wawasan menjadi aset penting bagi setiap individu maupun organisasi. Pengetahuan menjadi sebuah pijakan dalam mengambil tindakan-tindakan untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Individu atau organisasi yang dapat memanfaatkan pengetahuan dengan tepat dan cepat akan memiliki keunggulan kompetitif.

Dalam Indonesia Knowledge Forum (IKF) 2012,  Deputi Bidang Pendayagunaan IPTEK Kementerian Ristek, Idwan Suhardi mewakili Menteri Negara Riset dan Teknologi,  mengatakan keberhasilan Indonesia dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak terlepas dari bangkitnya kelas menengah Indonesia, suatu fenomena yang dalam beberapa tahun terakhir semakin menguak kesadaran.

Perjalanan pembangunan negara kita akan semakin dituntut untuk merambah pada tingkat yang lebih tinggi. Jika pada saat ini pembangunan negara banyak dipacu oleh sumber daya alam yang memang sungguh berlimpah, ditambah dengan sumber daya manusia yang ternyata semakin lama semakin dinamis, maka kini harus memasuki tataran pembangunan yang lebih tinggi dengan memanfaatkan pengetahuan sebagai basis terpenting pembangunan negara.

Perkembangan ekonomi kreatif yang dalam beberapa waktu terakhir ini digalakkan pada akhirnya merupakan suatu langkah penting menuju kearah itu. Namun demikian, perekonomian yang berbasiskan pengetahuan perlu dikembangkan lebih jauh dengan mengikutsertakan dunia usaha dalam pengembangan bidang-bidang baru yang memiliki prospek berkembang yang sangat besar. Teknologi informasi merupakan suatu bidang yang sungguh prospektif untuk dikembangkan kedepan.

“Dengan kesadaran tersebut saya menyambut baik gagasan dari BCA Learning Service untuk memulai tradisi baru dengan penyelenggaran Indonesia Knowledge Forum 2012 Conference & Expo,” ujar Idwan.
Idwan juga mengatakan jika kita diamati Indonesia memiliki kemampuan untuk menghasilkan pemenang-pemenang dalam kompetisi Olimpiade Fisika, Matematika, Biologi dan banyak lagi, maka sebetulnya kita perlu meyakini betapa sumber daya yang dibutuhkan untuk melanjutkan pembangunan ke depan ini sudah pula semakin banyak kita miliki di tanah air. 

“Sumber daya inilah yang perlu terus dikembangkan dengan pendidikan yang baik, pelatihan yang terarah dan sebagainya,” lanjut Idwan. 

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pendayagunaan IPTEK, Idwan Suhardi sekaligus membuka Indonesia Knowledge Forum (IKF) 2012, 27 September 2012 di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place.  Indonesia Knowledge Forum (IKF) 2012 merupakan sebuah event berskala nasional yang baru pertama kali digelar di Indonesia, sebagai media untuk berbagi pengetahuan sekaligus menjadi sebuah kesempatan yang langka untuk bertemu dengan tokoh-tokoh inspiratif. (mt/humasristek)

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...

Mario Teguh's Quotes

Quotes

Blogger Jogja

Twitter

Googlebot

SEO Monitor

Traffic Exchange

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Wibiya Widget


Wibiya provides a web toolbar that enables blogs and websites to integrate the most exciting services and web applications into their blog or website.