Welcome

Berawal dari ketiadaan, kita berpikir dan belajar untuk menciptakan. Membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, lebih berarti dan lebih bermanfaat. "Mari berbagi manfaat" #Give thank to Allah, the Creator of all things.

Inspirasi Hari Ini


Tuesday, January 31, 2012

Membuka Al-Kalam di OS Ubuntu

 

Al-KALAM adalah aplikasi multimedia yang membantu anda berinteraksi secara komprehensif dengan Al-Quran. Belajar dengan Al-Kalam merupakan pengalaman baru yang dapat mendekatkan dan mengakrabkan diri anda dengan Al-Quran. Al-Quran Tajwid Digital Al-Kalam dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja yang ingin memahami dan mendalami isi kandungan Al-Quran yang dilengkapi dengan adanya fasilitas Index dan fasilitas fitur-fitur lainnya. Aplikasi ini
dibuat dan diterbitkan oleh Penerbit Diponegoro, yang sudah banyak menerbitkan Al-Qur'an versi cetak.

Berikut fitur-fitur Al-Kalam

  





  1. Al-Qur'an Rasm Utsmani, dengan harakat sesuai Mushaf Standar Indonesia (Mudah digunakan bagi yang biasa memakai Qur'an cetakan Arab atau Indonesia)
  2. Tajwid berwarna
  3. Terjemah Al-Qur'an (bahasa Inggris dan Indonesia)
  4. Tafsir Al-Qur'an (Tafsir Ibnu Abbas (Eng, Ind) & Jalalain (Eng))
  5. Indeks, Pencarian Ayat, Penanda
  6. 4 pilihan Qari'
Sayangnya banyak orang yang mengetahui, Al-Qur'an ini hanya bisa dibuka lewat OS Windows (karena tipe filenya *.exe). Namun bagi pengguna Linux (Ubuntu) jangan hawatir dan kecewa dulu.  karena aplikasi ini bisa dibuka dengan aplikasi di OS Lain*.

*Syarat dan ketentuan berlaku :D hehe





Cara Membuka Al-Kalam melalui Linux
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (catatan: semua file Al-Kalam sudah ada di Hard Disk)

  1. Temukan file "sec" yang ada di direktori Al-Kalam. Klik Tools -> Folder Option -> View -> Hilangkan Check list -> lalu OK

  2. Copy dan Paste "sec.dxl" pada tempat yang sama, kemudian rename menjadi "sec.swf"
  3. Bukalah menggunakan Adobe Flash Player atau Mozilla Firefox (catatan: Pastikan plugin Adobe Flash Player sudah terinstal. Jika belum, Anda bisa mengunduh & menginstalnya lewat Software Center (saya menggunakan Ubuntu, untuk distro lain silakan Anda mencari caranya di mbah Google) atau kunjungi site [Adobe]
  4. Jika kurang besar, gunakan mode Full Screen di Firefox (tekan F11)
  5. Selamat! Al-Kalam berhasil dijalankan...
  6. Untuk keluar, Anda tinggal Close Firefox. :)
satu lagi Cara Mengcopy File Audio Qari'
 
Untuk mengcopy teks Al-Qur'an, Terjemah maupun Tafsir, Anda bisa menggunakan fungsi "Salin" yang tersedia, namun bagaimana kalau kita ingin mengcopy audio bacaan dari ayat tersebut?

Jelajah punya jelajah (kalau "selidik punya selidik" kurang tepat) ternyata file Audio dari Qari' di Al-Kalam tersimpan di direktori "files/02/" dengan urutan Qari' sesuai dengan urutan di pengaturan Al-Kalam (01 untuk Mashari Rasid, 02 untuk Al-Ghamidi, dst). Kalau Anda ingin menggunakan file Audio tersebut untuk keperluan lain, silakan coba trik berikut:

  1. Buka direktori files/02/ di Al-Kalam
  2. Buka direktori Qari' yang Audio-nya ingin Anda gunakan (contoh, untuk Al-Ghamidi pilih 02)
  3. Pilih surat dan ayat apa yang ingin Anda gunakan (formatnya "aaabbb.dtx" : a = surat, b = ayat. Misal Al-Baqarah : 183, pilih "002183.dtx")
  4. Copy dan Paste di direktori lain (selain direktori di atas)
  5. Ubah Ekstensi menjadi .mp3
  6. Selesai! Coba putar di Media Player favorit Anda :)
Silakan mencoba tips dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kaum Muslimin semua, Aamiin...

Software ini sangat bagus sekali (taukidnya sampai 2x). Dijamin dunia akhirat, InsyaAllah software ini sangat berguna buat kaum Muslimin (saya sudah mencobanya, juga kata teman-teman yang sudah me-review software ini).

Apakah anda tertarik? Silakan kunjungi http://www.al-kalam.info *website sedang down silahkan kunjungi link penerbit [
Penerbit Diponegoro]

Baru-baru ini saya mencoba software Al Qur’an digital bernama Al Kalam. Dan Subhanallah.. Banyak kebutuhan yang saya inginkan ada pada Al Kalam. Al Kalam  cocok sekali untuk :
  1. Pembelajar ilmu tajwid
  2. Pendengar setia muratal Al Qur’an dari syaikh-syaikh terkenal
  3. Wanita yang sedang berhalangan : dengan Al Kalam dalam bentuk digital tanpa menyentuh mushaf. Jadi bisa menyimak sambil mendengarkan bacaan para Qori’ dan mempelajari terjemah, tafsir, dan tajwid.
 Terima Kasih pula buat "Seseorang" untuk software Al-Kalam nya. Bermanfaat sekali, maksudnya berkali-kali.. InsyaAllah dunia Akhirat  ^_^[Referensi] 
Judul Referensi: Membuka Al-Kalam di Linux

1 comments:

  1. Subhanalloh bermanfaat sekali ni ilmunya, kebetulan saya mempunyai beberapa mushaf Quran terbitan Diponegoro dan kebetulan juga saya pengguna OS Linux Mint (turunan Ubuntu)

    ReplyDelete

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...

Mario Teguh's Quotes

Quotes

Blogger Jogja

Twitter

Googlebot

SEO Monitor

Traffic Exchange

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Wibiya Widget


Wibiya provides a web toolbar that enables blogs and websites to integrate the most exciting services and web applications into their blog or website.