Welcome

Berawal dari ketiadaan, kita berpikir dan belajar untuk menciptakan. Membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, lebih berarti dan lebih bermanfaat. "Mari berbagi manfaat" #Give thank to Allah, the Creator of all things.

Inspirasi Hari Ini


Sunday, February 20, 2011

Tentang Rokok dan Nasib Pecandunya



 Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok adalah barang yang sangat berbahaya, karena rokok bisa menurunkan kesehatan. Bahaya merokok bagi pelajar pun sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Namun, sampai saat ini tetap saja banyak kita jumpai orang dewasa dan pelajar mengkonsumsi barang beracun ini.

Rokok memang barang yang berbahaya, karena selain mengandung banyak racun perusak kesehatan, rokok memiliki sifat yang membuat siapapun akan kecanduan untuk terus mengkonsumsinya.

Walau sudah sangat banyak pengguna rokok yang mengaku kesehatannya menurun bahkan berakhir kematian, konsumsi rokok di Indonesia tetap tak berkurang. Pelajar pun yang merupakan aset bangsa yang sangat berharga, mulai ikut-ikutan menyentuh benda beracun ini.

Kenapa Pelajar Tertarik pada Rokok?

Ada beberapa hal yang patut diketahui tentang penyebab pelajar merokok. Hal ini juga diperlukan untuk bisa mengetahui bagaimana cara pencegahan yang baik dan tepat, sehingga bahaya merokok bagi pelajar pun bisa dihindari.
Keluarga adalah lingkungan sosial pertama yang menjadi tempat si anak untuk belajar. Seorang pelajar, hampir selalu memperhatikan apa saja kebiasaan yang ada di keluarga mereka. Contohnya, kebiasaan merokok yang dilakukan sang ayah.

Walau mungkin sudah diingatkan, seorang anak tetap akan penasaran dengan rokok yang sering dikonsumsi oleh orang tua mereka. Dari rasa penasaran, mereka pun akan mulai mencicipi barang yang satu ini

Karena itu, para orang tua harus sadar akan bahaya yang satu ini. Sebelum melarang anak untuk merokok, disiplinkan dulu diri sendiri untuk tidak merokok, agar si anak pun mengikuti perilaku yang seharusnya.

Kalaupun Anda sebagai orang tua tidak mampu berhenti merokok, jangan sampai Anda menunjukkan aktivitas merokok di depan anak Anda.

Pelajar adalah seorang anak yang masih berusia belia dan masih sangat labil. Di usia yang labil ini, mereka mudah sekali untuk terpengaruh. Mungkin di dalam keluarga, seorang pelajar tidak dikenalkan dengan rokok. Tapi bagaimana di lingkungan luar, terutama sekolah?

Pergaulan di lingkungan luar rumah, menjadi hal yang punya pengaruh besar terhadap perkembangan seorang pelajar. Sudah sangat sering kita jumpai, bahwa seorang pelajar akan ikut-ikut merokok ketika ada seorang teman yang merokok dan menawarkan barang berbahaya itu padanya.

Bahkan yang lebih miris, banyak sekali pelajar yang beranggapan bahwa mereka akan terlihat lebih keren atau lebih gaul bila mengkonsumsi rokok.

Untuk hal ini, orang tua dan para guru harus benar-benar memperhatikan perkembangan si anak agar bahaya merokok bagi pelajar bisa dihindari.

Apa Saja Bahaya Merokok Bagi Pelajar?

Kesehatan

Bahaya merokok bagi pelajar yang paling ditakutkan adalah dalam hal kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada ribuan zat racun yang terkandung dari dalam rokok.

Contoh zat berbahaya dalam rokok:
  • Karbon monoksida (zat karsinogen/beracun)
  • Amonia (biasa digunakan pada sabun pencuci lantai)
  • Acetone (biasa digunakan untuk cat)
  • Polonium-201 (bahan radioaktif berbahaya)
  • Arsenik (zat/racun anai-anai)
  • Hydrogen cyanide (biasa digunakan dalam hukuman mati : kamar gas beracun) 
  • dll.

Itu hanya beberapa contoh, masih banyak zat lain yang sangat berbahaya. Dari segala bahan berbahaya tersebut, Anda pasti bisa dengan mudah penyakit apa saja yang bisa ditimbulkan.

Segala jenis kanker, gangguan pernafasan kronis, stroke, penyakit jantung, gangguan fungsi seksual, bronchitis, batuk, dan masih banyak lagi. Efek tentang penurunan kesehatan ini memang tidak langsung dirasakan, tapi biasanya akan dirasakan ketika sudah dewasa atau tua. Bagi pelajar wanita yang nekat merokok, jangan heran bila ketika sudah dewasa akan selalu mengalami keguguran bahkan melahirkan bayi cacat.

1001 satu macam penyakit bisa anda dapatkan dari 1 batang rokok dalam 1001 hari

Sosial dan kejiwaan

Bahaya merokok bagi pelajar juga mencakup masalah sosial. Walau banyak yang beranggapan bahwa merokok adalah tindakan yang keren, banyak pula yang memandang sinis terhadap para perokok.

Pelajar yang merokok bisa saja dijauhi oleh banyak teman karena kebiasaan buruknya ini. Peristiwa seperti ini tentu akan mempengaruhi kejiwaan seorang pelajar. Ia bisa saja menjadi tidak percaya diri, merasa dikucilkan, atau malah akan menjadi pemarah dan pemberontak.

Itulah bahaya merokok bagi pelajar yang patut diwaspadai dan sudah seharusnya dihindari. Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan pelajar yang merokok, sebenarnya mereka hanyalah korban karena kebanyakan dari mereka mulai menyentuh rokok hanya berawal dari ikut-ikutan.

Jauhi rokok sekarang juga, karena rokok hanya akan mengurangi kesehatan dan memperpendek umur saja.

Saat ini kita tidak kesulitan menemukan para pelajar yang sedang mengisap rokok. Mereka cukup mudah kita temui di beberapa tempat umum, seperti: kendaraan umum, terminal, jalanan, restoran, atau bahkan di lingkungan sekolah mereka sendiri. Kita sebagai orang tua atau saudara yang kebetulan memiliki anak pelajar tentu sangat khawatir melihat kenyataan ini.

Terlebih sekarang, merokok tak hanya dimonopoli oleh kaum laki-laki saja, para wanita pun sudah terbiasa dengan kebiasaan buruk ini. Di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bandung, tidak sedikit pelajar putri yang sudah mulai mengenal rokok, bahkan sudah ada yang menjadi perokok aktif.

Umumnya para pelajar yang merokok ini terpengaruh dari lingkungan sekitar yang memungkinkan mereka untuk merokok, sehingga akhirnya mereka ikut-ikutan mencobanya. Para pelajar ini mengaku akan merasa lebih dewasa, lebih berani, dan lebih gaul, jika mereka merokok. Menurut survei yang pernah dilakukan oleh Yayasan Jantung Indonesia ada sebanyak 77% pelajar yang merokok karena mendapatkan tawaran dari temannya sendiri.

Selain faktor lingkungan, kurangnya informasi tentang bahaya merokok juga menjadi salah satu penyebab utama banyaknya pelajar yang suka merokok. Padahal, setiap rokok yang diisap dampaknya hampir sama dengan orang yang mengkonsumsi zat kimia, karena setiap rokok mengandung lebih dari 4.000 unsur kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Melihat sebegitu bahayanya rokok, seharusnya semua pihak, baik dari pemerintah, orang tua, maupun sekolah melakukan sosialisasi secara gencar tentang bahaya rokok bagi pelajar dengan berbagai kegiatan yang riil.

Adapun beberapa usaha yang bisa kita tempuh untuk menghindari para pelajar merokok, antara lain adalah sebagai berikut.
Sekolah harus terbebas dari asap rokok. Setiap guru, orang tua, maupun orang lain yang berkunjung ke sekolah harus dilarang merokok seperti halnya di sebuah rumah sakit.
Setiap ada event atau kegiatan yang melibatkan anak-anak pelajar dilarang menggunakan sponsor dari perusahaan rokok.
Ketika anak berada di rumah, orang tua dilarang memperlihatkan dirinya merokok. Ini khusus bagi orang tua yang belum berhenti merokok. Namun alangkah lebih baiknya lagi jika orang tuanya juga berhenti merokok, karena biasanya apa yang dicontohkan orang tua akan diikuti si anak.
Setiap orang tua diharapkan mengikusertakan anak-anaknya ke dalam kegiatan-kegiatan positif sepulangnya dari sekolah, seperti: kursus, olahraga, dan lain sebagainya.

Mulai sekarang mari kita budayakan hidup sehat dan mulai meninggalkan rokok, agar orang-orang yang kita cintai terhindar dari penyakit berbahaya. Ingat! Kesehatan lebih penting dari segalanya.

http://www.anneahira.com/bahaya-rokok-bagi-pelajar.htm
http://www.anneahira.com/bahaya-merokok-bagi-pelajar.htm

Menghentikan candu rokok bukan hal mudah. Tingkat kesuksesan dipengaruhi seberapa besar ketergantungannya pada nikotin. Semakin tinggi tingkat candunya, semakin membutuhkan perjuangan ekstra.

Nikotin merupakan zat adiktif yang menimbulkan candu 5-10 kali lebih kuat dibandingkan morfin dan kokain. Nikotin dapat menimbulkan efek psikoaktif yang mempengaruhi aktivitas mental dan perilaku.

Perokok dengan tingkat kecanduan sedang dan tinggi membutuhkan terapi khusus oleh dokter. Meski demikian, ada sebagian orang yang bisa berhenti merokok tanpa bantuan dokter.

Terapinya cukup beragam. Yang pasti, para perokok ditanamkan motivasi dan persepsi. “Motivasi diberikan bukan dengan cara memaksa, dan persepsi pasien diperbarui sehingga memiliki cara pandang yang baru tentang rokok,” kata dr Tribowo T Ginting SpKJ, dari klinik berhenti merokok, Rumah Sakit Persahabatan Jakarta.

Dokter juga akan memberikan obat Verenicline Tartrate untuk mengatasi ketagihan nikotin. Obat yang disebut nicotic acetylcholine itu merupakan obat non-nikotin pertama yang secara khusus diciptakan bagi mereka yang ingin lepas dari candu rokok.

Obat tersebut secara spesifik bekerja pada reseptor nikotin yang terdapat di otak dengan menurunkan gejala ketagihan (craving) dan putus zat (withdrawal), serta mengurangi rasa nikmat yang ditimbulkan rokok.

“Verenicline Tartrate diberikan disertai dengan terapi oleh dokter. Cocok untuk perokok yang kadar ketagihan nikotinnya sangat tinggi. Penelitian di warga Asia, tepatnya di Korea dan Taiwan menunjukkan kalau obat ini sangat efektif,” kata dr Aulia Sani, saat ditemui di acara peluncuran kampaye berhenti merokok oleh Pfizer, di Jakarta, 26 Mei 2010.

Obat berbentuk tablet ini dapat diminum dengan atau tanpa makanan. Obat ini tergolong obat yang harus diresepkan oleh dokter. Jadi, tidak bisa didapatkan secara bebas karena harus disertai terapi oleh dokter.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...

Mario Teguh's Quotes

Quotes

Blogger Jogja

Twitter

Googlebot

SEO Monitor

Traffic Exchange

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Wibiya Widget


Wibiya provides a web toolbar that enables blogs and websites to integrate the most exciting services and web applications into their blog or website.